Making Companies and Societies Become Zero Waste and Zero Emission

 

Restorasi Ekosistem Pesisir

Program Adopsi

 

Konservasi berbasis komunitas ini bertujuan untuk memperlambat krisis iklim melalui tiga restorasi spesies pesisir yaitu; mangrove, terumbu karang dan seagrass.

Kami berkerja sama dengan petani lokal dan badan pemerintahan, sehingga setiap addopsi tidak hanya menciptakan perubahan lingkungan yang positif, tetapi juga meningkatkan mata pencaharian masyarakat pesisir.

Lokasi Restoration ;

  • Jakarta, Pantai Indah Kapuk & Pulau Tidung (lokasi utama)
  • Nusa Tenggara Barat, Lombok Barat, Batu Putih
  • Nusa Tenggara Timur, Rote Ndao, Desa Oeseli

 


E - Certificate Adopsi

Kegiatan Menanam - Climate Trip

 

Semua spesies yang diadopsi akan ditanam pada akhir pekan terakhir disetiap bulan oleh Kertabumi dan partner lokal kami.

Selama kegiatan penanaman, kami juga memberikan climate trip untuk menjelajahi keanekaragaman hayati ekosistem pesisir.

Climate trip ini terbuka untuk perusahaan yang telah berdonasi dimana mereka akan diberikan tur selama di dalam hutan mangrove atau taman coral untuk belajar tentang pentingnya spesies pesisir dan juga menanam mangrove dan coral milik mereka sendiri.

 

Jenis mangrove yang akan ditanam adalah rhizophora mucronata

Jenis karang yang akan ditanam adalah acropora cervicornis

Papan Informasi

 

Perusahaan yang mengadopsi mangrove dapat memasang papan informasi sebagai bagian dari sosialisasi dan kesadaran publik.

 


Monitoring

 

Program adopsi sudah termasuk monitoring 6 bulan dan penanaman kembali jika spesies yang diadopsi mati karena perubahan apapun. Semua spesies yang diadopsi akan ditinjau kembali setiap bulan untuk observasi dan dokumentasi.